Musik daerah indonesia yang terkenal go internasional

Musik daerah indonesia yang terkenal go internasional

Musik indonesia terkenal di dunia

Musik daerah indonesia yang terkenal go internasional – Musik adalah penyatu, bersifat universal, berkata dengan nada. Meskipun Indonesia terdiri dari 34 provinsi dengan lagu daerah yang beraneka ragam, namun tiap masyarakat di daerah tertentu di Indonesia juga akrab lagu dari daerah lain. Bahkan tidak hanya orang Indonesia, warga asing pun juga menyukai beberapa lagu daerah asal Indonesia.

Lagu-lagu Indonesia tak bisa disepelehkan begitu saja mulai dari lagu-lagu band papan atas Tanah Air ataupun lagu-lagu daerah sekalipun. Buktinya, ada beberapa lagu daerah yang bahkan ketenarannya melebihi lagu-lagu pop band terkenal Indonesia.

Musik daerah indonesia yang terkenal go internasional

Soleram

Soleram merupakan lagu daerah asal Riau. Lagu ini menceritakan tentang cinta dan persahabatan. Lirik lagu Soleram cukup pendek, mendayu-dayu, merdu dan mudah diingat. Tidak hanya orang Indonesia, lagu daerah Soleram juga banyak digemari warga asing.

Sebelum banyak dibawakan di Malaysia, Soleram sudah banyak diputar di kancah Internasional. Ini bermula saat penyanyi Afrika bernama Miriam Makeba sering mendendangkan lagu daerah tersebut.Selain itu lagu ini juga pernah dilantunkan dalam konser Rony Marton bersama Triobab di ibu kota Praha, Republlik Ceko.

Iramanya yang pelan dan damai membuat pendengar nyaman dan cepat tertidur. Tidak heran banyak warga asing menyukai lagu Soleram karena dianggap sebagai lagu pengantar tidur.

Ampar-ampar Pisang

Di beberapa video yang tersebar di youtube, lagu daerah ampar-ampar pisang banyak dinyanyikan di beberapa orchestra di luar negeri. Salah satunya dari sebuah pertujukan di Vienna yang bernama From Indonesian Folk. Bahkan tidak hanya Ampar-ampar Pisang, lagu daerah Jali-jali juga ikut dinyanyikan dalam konser tersebut.

Lagu ampar-ampar pisang sendiri berasal dari daerah Kalimantan Selatan yang diciptakan oleh Hamiedan AC. Lagu ini terinspirasi dari rutinitas masyarakat setempat saat membuat rimpi yang terbuat dari pisang.

Ampar berarti susun. Sehingga ampar-ampar pisang bermakna pisang yang disusun lalu dibiarkan hingga matang. Setelah matang kemudian dijemur agar tekstur pisang mengeras dan memiliki bau yang khas. Sedangkan bari-bari dalam lirik lagu merupakan hewan kecil yang bisa terbang. Kebiasaan hewan ini adalah selalu mengerubuti pisang yang diampar.

Anak kambing saya

Lagu asal NTT ini banyak dinyanyikan anak-anak saat bermain. Namun siapa sangka, lagu asli yang banyak dihafal anak kecil Indonesia ini rupanya juga dihafal oleh siswa sekolah musik Ryulgok, Pyongyang, Korea Utara. Mereka pun fasih menyanyikan lirik lagu itu.

Lagu daerah asal NTT ini bercerita sorang tua yang sedang mencari anak kesayanganya. Selain itu juga menggambarkan tentang kebersamaan dan persahaban seorang anak. Karena berkaitan dengan anak-anak, tidak heran jika lagu ini sering di putar di tempat tempat-tempat hiburan dan permainan.

Yamko rambe yamko

Lagu daerah asal Papua, Yamko Rambe Yamko, dinyanyikan dengan sangat indah dan rancak oleh paduan suara anak Indonesia, The Resonanz Children’s Choir (TRCC). Tak heran, jawara pertama mereka raih di kategori Children’s and Youth Choir; Claudio Monteverdi Choral Competition 2016 di Venesia, Italia.

Potong Bebek Angsa

Selain lagu Anak Kambing Saya, satu lagi lagu daerah asal Nusa Tenggara Timur yang melalang buana ke Internasional. Lagu Potong Bebek Angsa dinyanyikan di Festival Paduan Suara Internasional Singapura oleh orkestra paduan suara Zechariah Goh.

Makna dari lagu ini sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak makna. Nadanya yang riang memang sangat cocok untuk anak-anak. Irama dalam lagu ini membuat setiap orang yang mendengarnya selalu ingin menari dan bernyanyi.

Comments are closed.