Kerajinan Tangan Khas Indonesia Tepat untuk Koleksi

Kerajinan Tangan Khas Indonesia Tepat untuk Koleksi

Kerajinan Tangan Khas Indonesia Tepat untuk Koleksi

Kerajinan Tangan Khas Indonesia Tepat untuk Koleksi – Sedang mencari hiasan, perhiasan, atau perlengkapan rumah yang unik dan bernilai seni. Tentunya, kerajinan tangan khas Indonesia bisa menjadi pilihan jitu. Berikut ini, BP-Guide merekomendasikan dan mengulas beberapa jenis karya kerajinan tangan Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan.

Kerajinan tangan atau biasa dikenal dengan sebutan seni kriya adalah seni yang mengandalkan kemahiran dan keterampilan tangan dalam membuat sebuah karya seni. Tidak hanya berfokus kepada keindahan, kerajinan tangan juga fokus pada segi fungsi, sehingga memiliki nilai pakai dan nilai jual yang tinggi.

Perbedaan seni kriya secara umum dengan karya kerajinan tangan adalah kerajinan tangan lebih mengutamakan kerja tangan dibandingkan alat bantu yang lainnya. Sedangkan seni kriya yang lain membutuhkan bantuan alat.

Berbagai Barang Kerajinan Indonesia yang Banyak Diburu Hingga Mancanegara

Kerajinan Logam

Salah satu kerajinan tangan asal Indonesia yang memiliki daya jual yang tinggi adalah kerajinan tangan yang terbuat dari logam. Salah satu kota penghasil kerajinan tangan logam terbesar di Indonesia adalah Solo dan Yogyakarta.

Pusat Kerajinan Logam AA Gallery cukup terkenal karena produk Link SBOBET WAP yang dihasilkannya sangat berkualitas. Berbagai kerajinan yang diproduksi oleh galeri ini adalah bath-tub, meja, bowl, guci, kaligrafi, lampu dinding dan masih banyak karya lainnya yang bisa Anda pesan sesuai keinginan.

Kerajinan Kulit

Kerajinan kulit di Indonesia semakin berkembang saja, awalnya hanya mengolah dari kulit domba atau kulit sapi, sekarang telah memanfaatkan kulit ikan dan buaya.

Berbagai daerah di Indonesia yang merupakan pusat pengolahan kerajinan tangan kulit adalah Garut dan Yogyakarta. Salah satu perusahaan yang fokus untuk mengolah kulit sebagai bahan kerajinan tangan adalah perusahaan Mas Kulit.

Kerajinan Batu

Batu-batu dari sungai dan gunung Indonesia ternyata memiliki daya jual yang tinggi. Bahkan batu-batu dari Indonesia telah dikirim ke berbagai negara, seperti Prancis, Italia, Jerman, Yunani, Belanda, Thailand, Taiwan dan Malaysia.

Kerajinan Keramik

Meskipun tidak berasal dari Indonesia, tetapi keramik juga sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan. Namun ternyata kramik buatan Indonesia juga sangat laku di parasaran internasional, bahkan keramik Indonesia juga laku di negara Tiongkok yang merupakan negara pertama penghasil keramik.

Salah satu daerah yang memproduksi kerajinan keramik dan telah diekspor ke berbagai negara adalah kerajinan keramik dari Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta.

Kerajinan Anyaman Bambu

Bambu adalah tanaman yang tumbuh subur di Indonesia. Tanaman yang memiliki batang yang keras dan memiliki ruas-ruas ini juga telah dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan. Berbagai produk telah dihasilkan dari bambu, seperti kursi, tudung saji, topi dan produk lainnya.

Kerajinan Batang Pisang

Di negara lain, batang pisang adalah barang yang tidak berguna. Tetapi di Indonesia, pelepah pisang juga dimanfaatkan menjadi media kerajinan tangan. Salah satu produk kerajinan tangan yang terbuat dari bahan pelepah pisang adalah tas dan sendal yang terbuat dari pelepah pisang.

Kerajinan Rajut

Kerajinan rajut adalah kerajinan yang terbuat dari benang yang dikreasikan dengan cara dirajut. Banyak jenis kerajinan tangan yang menggunakan cara merajut ini untuk proses pembuatannya, seperti baju, tas, topi, aksesoris dan produk lainnya.

Kerajinan Tulang Ikan

Setelah memakan ikan, biasanya tulang ikan akan dibuang atau diberikan kepada kucing. Tetapi ternyata, tulang ikan juga telah dimanfaatkan untuk kerajinan tangan. Bahkan telah dikirim ke berbagai negara, seperti Australia, Singapura, Arab, India, Jepang dan China.

Kerajinan Eceng Gondok

Eceng Gondok adalah tanaman parasit yang tumbuh di perairan Indonesia. Ternyata tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan.

Eceng Gondok diolah dengan cara dikeringkan dan kemudian dianyam. Salah satu pengrajin yang produktif membuat kerajinan tangan dari eceng gondok adalah Yuyun Kadrini Zunnur Aini.

Kerajinan Rotan

Tanaman rotan sangatlah tidak asing di Indonesia, karena tanaman ini adalah jenis tanaman tropis yang tumbuh subur di Indonesia. Rotan sudah dimanfaatkan sebagai bahan funitur dan kerajinan tangan.

Rotan memiliki keunggulan dari bahan-bahan yang lain, karena bahannya yang kuat namun lentur, sehingga sangat mudah dibentuk. Kerajinan tangan rotan dari Indonesia telah berhasil menggeser produk kerajinan tangan rotan dari China. Bahkan nilai ekspornya telah mencapai US$ 157 juta.

Comments are closed.