Inspirasi Hiasan Grafiti yang Bisa Anda Buat Sendiri

Inspirasi Hiasan Grafiti yang Bisa Anda Buat Sendiri

Inspirasi Hiasan Grafiti yang Bisa Anda Buat Sendiri

Inspirasi Hiasan Grafiti yang Bisa Anda Buat Sendiri, – Grafiti dikenal sebagai salah jenis seni rupa. Jangan salah loh, seni yang satu ini bukan hanya asal coret semata. Selalu ada makna di balik gambar grafiti yang paling rumit sekalipun.

Grafiti Merupakan Salah Satu dari Sekian Banyak Seni Rupa

Grafiti merupakan sebuah karya seni rupa yang berasal dari bahasa Latin, “graphium”, yang artinya “menulis”. Awal munculnya grafiti adalah sebagai seni penuh makna. Dulu grafiti digunakan sebagai sarana mengutarakan pendapat.

Pembuat grafiti biasanya akan menunjukkan keahliannya atau mengutarakan pesan tersembunyi lewat media berupa tembok, kayu, dan lainnya. Biasanya grafiti dibuat dengan banyak komposisi mulai dari garis, warna, bentuk, hingga volume.

Grafiti dibuat memakai cat semprot kaleng sebagai cairan pewarna atau biasa juga menggunakan kompresor air brush. Bersama BP-Guide, kenali lebih jauh soal seni grafiti yuk.

Fakta Menarik Tentang Seni Grafiti

DipopulerkanSejak 1960-an

Grafiti belakangan ini memang makin menjamur. Seni grafiti sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960-an di Philadelphia, Amerika Serikat. Seni ini dipakai guna mengekspresikan pernyataan politik. Dulu, seni ini kerap juga dipakai untuk menandai wilayah sebuah geng dan kala itu masih belum dipandang sebagai sebuah seni yang berarti.

Mr Darryl McCray yang dikenal dengan nama Cornbread adalah artis graffiti pertama. Ia bersama kelompoknya menuliskan nama identitasnya di tembok sekitar Philadelphia.

Catatan sejarah lainnya mengungkapkan bahwa grafiti juga dikenal di zaman Mesir Kuno. Lukisan yang ada di dinding piramida menggambarkan mengenai alam lain yang ditemui seorang Firaun usai ia dimumikan.

Kebanyakan Dibuat Secara Ilegal

Pada tahun 70-an grafiti yang ada di Amerika dan Eropa mulai merambah ke wilayah urban. Kendati demikian kala itu citra grafiti kurang bagus dan bahkan dianggap sebagai momok bagi keamanan kota. Grafiti dianggap memprovokasi perang antar kelompok atau geng.

Sementara itu di setiap negara bagian di Amerika Serikat sudah memiliki peraturan sendiri untuk meredam grafiti. Beberapa daerah sudah mengatur undang-undang yang menetapkan bahwa grafiti adalah kegiatan ilegal. Meski grafiti kebanyakan dibuat secara ilegal, namun ada 1650 grafiti yang dibuat secara legal di seluruh dunia.

Menggunakan Cat Semprot

Selama ini kita pasti tahunya grafiti sebagai tulisan asal coret saja. Namun ternyata lebih dari itu, grafiti merupakan sebuah seni bernilai tinggi bagi mereka yang mengerti dan memahami seni yang satu ini. Bahan untuk membuat grafiti umumnya adalah spidol dan juga cat semprot.

Cara membuat grafiti biasanya diawali dengan membuat sketsa gambar supaya lebih jelas dan lebih mudah untuk proses menggambar selanjutnya. Kemudian baru medianya baik tembok atau kayu diberi warna putih supaya cat semprot jadi lebih menyatu dengan medianya. Jika sudah barulah kita bisa menggambar grafiti memakai pensil dulu pada media dan baru mewarnainya dengan cat semprot setelahnya.

Kini, Semakin Diapresiasi

Jika dulunya grafiti dianggap sebagai tindakan pemberontakan atau aksi protes terhadap sesuatu yang sedang terjadi di masyarakat, maka sekarang grafiti lebih dianggap sebagai seni. Pemerintah sendiri kini mulai merangkul para seniman grafiti untuk menghias dinding di tempat-tempat fasilitas umum.

Grafiti makin banyak dikagumi karena dapat digambarkan sebagai seni postmodern. Dengan menggunakan dasar seni tradisional, memodifikasi, serta memperkaya gambar yang ada, maka seni grafiti kini dikenal menjadi sebuah seni internasional. Grafiti bisa menjadi hiasan atau dekorasi yang bagus pada sebuah daerah, komunitas, atau kota.

Comments are closed.