Inilah Manfaat Musik Menurut Sains, Baik Untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Musik Menurut Sains, Baik Untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Musik Menurut Sains, Baik Untuk Kesehatan

Pakai Earphone Berjam-jam Tanpa Henti, Gadis Ini Alami Tuli ...

Inilah Manfaat Musik Menurut Sains, Baik Untuk Kesehatan – Musik merupakan bagian dari seni yang tersusun dari berbagai macam suara nada. Sehingga dapat membentuk alunan melodi dan lagu. Kebanyakan orang di dunia ini menyukai musik, namun tentunya dengan jenis dan selera yang berbeda-beda pula.

Mendengar musik juga banyak manfaatnya loh guys. apa saja manfaat itu? yuk simak ulasan berikut

1. Musik dapat menjaga kesehatan otak manusia 

Menurut penelitian dan studi yang dicatat dalam laman Harvard, musik dapat membantu kinerja otak menjadi lebih baik dan rileks. Ada jutaan sel saraf di otak yang akan saling bekerja sama dalam menerima gelombang suara yang mengalun merdu.

Dari keaktifan bagian otak tersebut, rangsangan yang diterima oleh tubuh mirip ketika seseorang mengonsumsi cokelat. Ada sensasi tenang, rileks, dan senang ketika seseorang mendengarkan musik kesukaannya.

2. Musik yang menyenangkan dapat menjaga kesehatan mental 

Dalam beberapa kasus, musik yang terdengar tenang dan menyenangkan dapat menjaga kesehatan mentalmu dari perasaan depresi dan cemas berlebihan, seperti dicatat dalam laman sains NCBI.

Para ahli berpendapat, musik dapat berdampak baik bagi mental jika jenis musik yang intens didengarkan adalah musik yang ‘baik’, artinya bukan musik-musik yang justru mengundang perasaan cemas.

3. Musik berkorelasi dengan kecerdasan seseorang 

Science Net Links dalam lamannya mencatat bahwa mendengarkan dan memainkan musik ternyata berkorelasi dengan kecerdasan seseorang. Mungkin nada-nada yang didengarkan termasuk nada sederhana, namun, otak manusia akan aktif dalam mengolah dan memproses nada-nada tersebut untuk dapat diterima dan dinikmati oleh otak.

Jika kemampuan otak ini dilatih secara bertahap dan terus menerus, maka musik akan menjadi salah satu bagian dari seni yang akan mencerdaskan kemampuan berpikir seseorang.

#Musik juga memberikan Imajinasi positif

4. Musik dapat meningkatkan hormon cinta 

Hal ini menunjukkan bahwa musik dapat berdampak lahiriah pada manusia, dan itu dapat diamati secara medis. Namun, peningkatan hormon ini akan terjadi jika seseorang mendengarkan musik favoritnya. Sebuah studi klinis yang menghubungkan antara musik dengan meningkatnya hormon-hormon tertentu dalam tubuh manusia.

5. Musik dapat memotivasi 

Musik ternyata dapat memberikan efek dramatis, seperti dicatat dalam Psychology Today. Dengan mendengarkan musik, maka seseorang akan mengembangkan perasaan bahagia dan motivasi dalam diri mereka.

Rasa semangat yang menggebu-gebu terkadang juga muncul pada orang-orang yang sedang mendengarkan musik favoritnya. Dalam psikologi, hal ini berkaitan dengan neurobiologis.

Comments are closed.