Fakta Unik Sejarah Musik, Bahasa Universal bagi Manusia

Fakta Unik Sejarah Musik, Bahasa Universal bagi Manusia

Fakta Unik Sejarah Musik, Bahasa Universal bagi Manusia

Fakta Unik Sejarah Musik – Musik adalah bahasa universal bagi kebanyakan manusia, di mana lantunan dan iringan barisan nada menghasilkan bunyi atau suara yang merdu dan teratur. Biarpun selera orang bisa berbeda-beda terhadap musik, namun pada dasarnya kebanyakan orang menyukai musik secara universal.

Kamu juga menyukai musik pastinya? Namun, apakah kamu tahu tentang sejarah musik? Kalau kamu penasaran tentang sejarah musik dari dulu hingga kini, yuk baca artikel ini hingga tuntas.

1. Musik sudah ada sejak puluhan ribu tahun lalu 

Seperti ditulis laman Essential Humanities, seni dan musik sudah ada sejak zaman kuno, sekitar 50 ribu tahun lalu. Namun, musik yang ada pada zaman tersebut tentu sangat berbeda dengan musik yang lebih modern.

Musik cukup berkembang pada zaman-zaman susudahnya, terutama pada era Paleolitikum. Zaman ini merupakan zaman di mana terdapat perkembangan alat-alat batu, mulai dari alat untuk berburu sampai alat-alat yang dibuat untuk hiburan.

2. Alat musik instrumental tertua yang pernah ditemukan berusia 40 ribu tahun 

Ternyata manusia purba yang hidup di gua-gua pada zaman dulu sudah memiliki jiwa seni yang tinggi, lho. Terbukti dengan ditemukannya seruling berusia 40 ribu tahun, yang diperkirakan digunakan oleh manusia gua dalam komunitasnya, seperti dicatat dalam Live Science.

Alat instrumental ini ditemukan di sebuah gua yang terletak di Jerman bagian selatan. Kemungkinan seruling ini digunakan oleh bangsa Eropa kuno yang sudah menetap di tanah Jerman selama puluhan ribu tahun lalu.

#Perkembangan musik begitu pesat

3. Musik berkembang pesat di zaman yang lebih muda 

Pada zaman yang lebih muda, yakni di zaman Yunani dan Mesir Kuno, musik mulai berkembang cukup pesat. Ada banyak alat-alat musik yang memiliki nada yang cukup kompleks diciptakan di zaman tersebut.

Buhkan salah satu negara Asia pada saat itu, Vietnam,  juga memiliki alat musik, yakni lithophone. Ditulis dalam laman Oldest, alat musik asli Vietnam ini memiliki komposisi yang terbuat dari beberapa batuan, di mana batu-batu tersebut akan menghasilkan nada tertentu jika diketuk secara teratur.

Alat musik tersebut ada pada 4000 hingga 10 ribu tahun lalu. di masa-masa Sebelum Masehi tersebut, musik mulai dikembangkan dengan nyanyian dan tarian. Pada akhirnya, musik terus berkembang dan tersebar di berbagai belahan dunia.

4. Musik di zaman modern

Ada banyak jenis alat-alat musik modern yang bisa kamu nikmati di saat ini, bahkan banyak di antaranya yang sudah menggunakan sistem nada digital. Musisi dan komposer legendaris macam Beethoven, Johannes Brahms, Franz Liszt, Johan Strauss, dan lain sebagainya, adalah bagian penting dari sejarah musik yang saat ini kita kenal.

Jenis-jenis musik di zaman modern ini juga sangat bervariasi, tak terhitung jumlahnya. Dengan banyaknya kombinasi suara dan nada yang bisa dihasilkan dari berbagai macam alat musik, keberadaan musik seolah tak akan pernah layu di pelbagai zaman.

5. Kira-kira bagaimana dengan musik di masa depan? 

Manurut laman 3-byte, pengembangan musik digital di era modern dan masa depan, akan membutuhkan perangkat lunak dan kecerdasan buatan, di mana sistem tersebut dapat membuat dan mendeteksi nada-nada musik yang akan diolah menjadi nada digital.

Peralatan musik digital di masa yang akan datang akan lebih mudah untuk digunakan dan dinikmati oleh semua kalangan. Bagi pencinta musik, mereka dapat menciptakan lagu-lagu dengan iringan nada musik ciptaan mereka sendiri.

Comments are closed.